Jelajah Pantai Malang Teluk Asmoro

Sebelum menjelajah kawasan Bromo pada malam hari traveller bisa menghabiskan suasana siang dengan jelajah eksotisme Pantai Malang Selatan. Pantai yang kami sarankan salah satunya adalah Pantai Teluk Asmoro. Berada di Desa Tambakrejo – Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang Selatan. Pantai ini masih belum familiar di telinga para pencinta Pantai karena baru dibuka sekitar April 2017 berkat selesainya proyek Jalur Lintas Selatan di Malang Selatan.

Karena secara lokasi masih baru, Pantai ini juga masih cukup sepi pengunjung sehingga lebih asyik untuk dinikmati. Pesisir pantai masih terlihat asri, kedalaman air cukup untuk berendam dan pasirnya masih bersih tidak terlalu tercermar sampah. Hamparan laut biru yang dikombinasikan bukit-bukit hijau sangat cantik terutama pada waktu sore. Karenannya pantai Teluk Asmoro dianggap miniatur Raja Ampat.

Rute perjalanan Teluk Asmoro

Dari kota Malang ambil kearah Dampit atau Malang Selatan, sekitar 73 KM atau 3-4 jam perjalanan. Pantai Teluk Asmoro bisa kamu akses menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Namun beberapa kilometer sebelum sampai lokasi, kondisi jalan masih belum mulus jadi tidak disarankan kalau kondisi hujan. Sesampainya di lokasi, kamu akan di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang dan Rp 5 ribu untuk biaya parkir kendaraan.

Untuk fasilitas yang ditawarkan jangan terlalu berharap karena Pantai ini masih baru. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah gazebo. Jika anda tidak kebagian gazebo, pakai tikar sendiri untuk berteduh anda bisa berteduh di beberapa goa kecil yang ada di kawasan Pantai. Lalu, karena tidak ada warung, sangat disarankan untuk membawa bekal sendiri. Kekurangan fasilitas di Pantai ini adalah tidak adanya toilet, jadi kalau kebelet buang air kecil dan besar, anda harus berimprovisasi

Kegiatan Jelajah

1. Jelajah Gugusan pulau
Naik perahu dan menikmati gugusan pulau-pulau. Bukit hijau yang ada di Pantai ini terlihat seperti membentuk tanda cinta atau “love”. Pulau-pulau kecil ini mengingatkan kepada Raja Ampat yang tersohor itu.

2. Snorkeling
Arus laut yang relatif tenang walaupun berada di daerah pesisir Selatan pulau Jawa. Biasanya Pantai yang berada di Selatan Jawa memiliki ombak yang besar. Berkat air yang tenang ini anda bisa menikmati pemandangan awah laut Teluk Asmoro. Ada pemandangan dari berbagai macam terumbu karang dan biota laut yang bisa anda nikmati dengan snorkeling di sini.

3. Sunset
Sudah jelas kalau sunset adalah fenomena yang sangat dinantikan ketika mengunjungi Pantai. Namun, sunset di Pantai ini berbeda karena gugusan pulau-pulau kecil yang ada memberikan siluet yang berbeda dan menakjubkan.

4. Berkemah
Jika ingin menikmati keindahan alam Pantai Teluk Asmoro lebih lama lagi, anda bisa melakukan kegiatan berkemah di sini. Terdapat beberapa spot yang sangat cocok untuk berkemah. Bawalah perlengkapan berkemah dari rumah karena di Pantai ini tidak ada tempat sewa perlengkapan tersebut. Dan satu lagi, jagalah kebersihan Pantai ketika berkemah.

5. Gazebo atau Goa
Seperti yang disebutkan di atas, di Pantai ini disediakan gazebo untuk menjadi tempat berteduh. Namun ternyata di Pantai ini juga ada goa-goa kecil yang menarik perhatian. Selain bisa dijadikan sebagai tempat berteduh, goa-goa ini juga menjadi daya tarik tersendiri dati Pantai Teluk Asmoro.

Untuk memudahkan jelajah dan wisata pantai silahkan ambil paket Pantai Malang – Bromo